Ini Dia Daftar Bank Anggota ATM Bersama, Catat Ya!

Mungkin kamu pernah mengalami kesulitan saat akan melakukan transfer ke rekening temanmu yang berbeda bank. Biasanya masalah ini sering terjadi karena tidak adanya mesin ATM milik bank yang kamu gunakan. Tapi tenang saja, kendala seperti ini hanya terjadi beberapa tahun yang lalu karena sekarang sudah ada jaringan switching yang berfungsi menghubungkan sistem transaksi antar bank. Namun apakah kamu sudah tahu apa itu jaringan switching?

Mengenal Jaringan Switching dan Fungsinya

Di era digital ini institusi perbankan di Indonesia semakin memahami kebutuhan nasabahnya, hal ini dapat kita rasakan dengan kemudahan akses yang lebih fleksibel untuk melakukan berbagai transaksi keuangan. Jaringan switching ini memungkinkan perbankan di dalamnya saling terhubung. Contohnya,  nasabah Bank A dapat bertransaksi di terminal ATM Bank B, atau contoh lainnya, nasabah Bank C dapat transfer via mobile banking ke rekening Bank D. Tentunya hal ini menguntungkan nasabah. Namun kamu juga perlu mengetahui bank-bank mana saja yang tergabung dalam jaringan switching tersebut.

Nah, di Indonesia sendiri ada beberapa jaringan switching lokal di antaranya yang paling populer adalah ATM Bersama dan jaringan Prima. Ada juga jaringan ATM lain seperti LINK dan Alto. Saat ini dapat dikatakan kita sudah bisa transfer uang ke seluruh Bank yang ada di Indonesia, cukup dengan memasukkan kode bank tujuan yang akan kita sebutkan di bawah nanti.

Mengenal ATM Bersama Dulu hingga Sekarang

Salah satu jaringan switching terbesar di Indonesia adalah ATM Bersama. Awalnya, jaringan ATM yang mulai beroperasi pada 1990 ini hanya beranggotakan beberapa bank saja dan kini anggotanya sudah  lebih dari 94 bank dan lembaga selain Bank.

Layanan ATM Bersama ini sering digunakan para nasabah untuk melakukan transaksi tarik tunai, dan transfer, namun kita juga bisa cek saldo juga, loh. Ternyata, ATM Bersama sudah beroperasi selama 30 tahun, bisa dikatakan ATM Bersama merupakan pelopor transaksi antar bank yang berbeda di Indonesia. Kini, jaringan ATM Bersama ini sudah menghubungkan setidaknya 80 ribu lebih  mesin ATM berbagai bank populer di seluruh Indonesia.

Bagaimana Cara Mengenali Layanan ATM Bersama Ini?

Besar kemungkinan, bank yang kamu gunakan juga tergabung dalam jaringan ATM Bersama ini. Namun untuk dapat menggunakan layanan ATM Bersama ini, kamu juga perlu melihat apakah kartu ATM kamu bisa digunakan di ATM Bank lain atau tidak. Untuk memastikannya pun juga sangat mudah, cukup dengan melihat bagian belakang kartu ATM dan terminal ATM yang akan kamu gunakan apakah terdapat logo ATM Bersama atau tidak. Jika kamu menemukan logo ATM Bersama yang berupa persegi panjang warna biru dengan tulisan ATM Bersama di dalamnya, maka kartu tersebut dapat kamu gunakan di mesin ATM yang juga memajang logo ATM Bersama. Jika tidak, maka kamu sebaiknya mencari mesin ATM yang memajang logo ATM Bersama seperti yang ada di kartu ATM kamu.

Adakah Biaya yang Dibebankan Saat Menggunakan Layanan ATM Bersama?

Untuk menggunakan layanan ATM Bersama ini tentunya kamu akan dikenai biaya, jumlah biaya yang dikenakan pun juga bisa beragam tergantung pada kebijakan pihak bank. Namun biasanya biaya yang ditetapkan di ATM Bersama terhitung rendah jika dibandingkan dengan layanan di jaringan internasional seperti Cirrus, Mastercard, maupun VISA. Umumnya biaya transaksi menggunakan jaringan ATM Bersama dikenai biaya maksimal antara lain; untuk cek saldo Rp4.000, tarik tunai Rp7.500 sementara untuk transfer Rp6.500. Tak ada salahnya kamu memastikan terlebih dahulu berapakah biaya yang dikenakan oleh bank, sebab tak menutup kemungkinan kamu bisa bebas menggunakan layanan tersebut secara gratis.

Apa Saja yang Bisa Kamu Lakukan Melalui ATM Bersama?

Jika kamu menemukan mesin ATM yang memajang logo ATM Bersama, ada beberapa hal yang mungkin bisa kamu lakukan di dalamnya. Meskipun kartu yang kamu pegang tidak sama dengan bank pemilik mesin ATM tersebut, selama ada logo biru tersebut, kamu tetap bisa menggunakan mesin ATM itu untuk melakukan berbagai transaksi seperti:

Melakukan Penarikan Uang Tunai

Kamu bisa ambil uang di terminal ATM dengan logo ATM Bersama dengan ketentuan seperti batas penarikan harian dan sebagainya. Batas penarikan uang per harinya ditentukan oleh bank penerbit kartu ATM, dengan melihat jenis kartu ATM nya (Silver/Gold/Platinum).

Informasi Saldo

Kamu juga bisa memeriksa jumlah saldo yang ada di rekening mu.

Transfer Antar Bank

Mengirim uang ke rekening bank lain di seluruh Indonesia, seperti saat transfer untuk membayar belanjaan onlinemu atau ingin transfer untuk membayar uang sekolahmu, dalam hal ini kamu memerlukan kode bank sebagai alamat bank yang kamu tuju. Untuk melihat kode bank yang kamu tuju, kamu bisa menekan menu daftar kode bank di mesin ATM, atau melalui link berikut https://www.atmbersama.com/layanan.

Transfer ke Rekening Bank Pihak Ketiga

Bahkan kamu juga bisa mengirim uang ke rekening bank lain yang bukan pemilik mesin ATM tersebut. Contoh kasusnya, kamu nasabah bank A transfer ke rekening bank B menggunakan mesin ATM bank C yang juga masih dalam satu jaringan ATM Bersama. Tentunya kamu juga memerlukan kode bank yang kamu tuju dengan cara seperti yang tertulis di atas.

Adakah yang Berbeda dari Penggunaan jaringan ATM Bersama Ini?

Pada dasarnya, cara menggunakan mesin ATM adalah sama saja, yaitu: masukkan kartu ATM, masukkan PIN, pilih-pilih menu yang tampil di layar, cek kembali konfirmasi permintaan, ambil kartu lalu keluar. Ya, tidak ada perbedaan signifikan karena pada dasarnya penggunaan mesin ATM bank lain sama dengan menggunakan mesin ATM Bank milikmu.

Lalu, Bank Apa Saja yang Termasuk dalam Jaringan ATM Bersama Ini?

Saat ini jumlah instansi yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama masih terus bertambah. Tak hanya bank saja, institusi lain seperti LinkAja dan Indosat juga ikut bergabung demi menambahkan benefit layanan mereka dalam men-TopUp saldo. Nah, untuk bank yang sudah termasuk dalam jaringan ATM Bersama di antaranya adalah:

  1. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero)
  2. PT Bank Mandiri
  3. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
  4. PT Bank Danamon Indonesia Tbk.
  5. PT Bank PermataTbk.
  6. PT Bank Maybank Indonesia Tbk.
  7. PT Bank Panin Tbk.
  8. PT Bank CIMB Niaga Tbk
  9. PT Bank UOB Indonesia
  10. PT Bank OCBC NISP
  11. Citibank NA
  12. PT. Bank DBS INDONESIA
  13. Standard Chartered Bank
  14. PT Bank Capital Indonesia Tbk.
  15. PT Bank ANZ Indonesia
  16. Bank Of China
  17. PT Bank Bumi Arta
  18. PT. HSBC Indonesia
  19. PT Bank Jtrust Indonesia Tbk.
  20. PT Bank Mayapada Internasional Tbk.
  21. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk
  22. PT Bank DKI
  23. PT Bank BPD D.I.Y
  24. PT Bank Jateng
  25. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk
  26. PT Bank Pembangunan Daerah Jambi
  27. PT Bank Pembangunan Daerah Aceh
  28. PT Bank Sumut
  29. PT Bank Pembangunan Daerah Sumbar
  30. PT Bank Riau
  31. PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung
  32. PT Bank Lampung
  33. PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan
  34. PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat
  35. PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Timur
  36. PT Bank Pembangunan Kalimantan Tengah
  37. PT Bank Sulselbar
  38. PT Bank Sulawesi Utara Gorontalo
  39. PT Bank NTB
  40. PT Bank Pembangunan Daerah Bali
  41. PT Bank NTT
  42. PT Bank Maluku
  43. PT Bank Papua
  44. PT Bank Bengkulu
  45. PT Bank Sulteng
  46. PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara
  47. PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk.
  48. PT Bank of India Indonesia Tbk.
  49. PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.
  50. PT Bank Mestika Dharma
  51. PT Bank Shinhan Indonesia
  52. PT Bank Sinarmas
  53. PT Bank Ganesha Tbk.
  54. PT Bank ICBC Indonesia
  55. PT Bank QNB Indonesia Tbk
  56. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk
  57. PT Bank Woori Saudara
  58. PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional
  59. PT Bank Syariah Indonesia (Ex BRIS)
  60. PT Bank Jabar Banten Syariah
  61. PT Bank Mega Tbk
  62. PT Bank Syariah Indonesia (Ex BNIS)
  63. PT Bank KB Bukopin
  64. PT Bank Syariah Indonesia (Ex BSM)
  65. PT Bank KEB Hana Indonesia
  66. PT Bank MNC Internasional Tbk
  67. PT Bank Neo Commerce Tbk.
  68. PT Bank Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk.
  69. PT Bank Nationalnobu Tbk.
  70. PT Bank Syariah Mega Indonesia
  71. PT Bank Ina Perdana Tbk
  72. PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk.
  73. PT Bank Bukopin Syariah
  74. PT Bank Sahabat Sampoerna
  75. PT Bank Oke Indonesia Tbk.
  76. PT Bank Seabank Indonesia
  77. PT Bank Jago Tbk
  78. PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah
  79. PT Bank Mayora
  80. PT Bank Index Selindo
  81. PT Bank Mandiri Taspen
  82. PT BPR Supra Artapersada (Under OCBC NISP)
  83. PT BPR Karyajatnika Sadaya (Under Bank Mandiri)
  84. PT Indosat Tbk
  85. PT BPR Eka Bumi Artha (Under OCBC NISP)
  86. PT Fintek Karya Nusantara
  87. PT Bank IBK Indonesia
  88. PT Bank Commonwealth
  89. BPR Danagung Ramulti
  90. BPR Danagung Bakti
  91. BPR Danagung Abadi

Bagaimana? Adakah nama bank yang kamu gunakan atau bank milik pembeli dan relasi kamu dalam daftar di atas? Jika ada, maka berbagai masalah dan kendala transaksi dapat ditekan sehingga bisnis kamu bisa lebih lancar.